Selasa, 29 Januari 2013

Cara Membuat Jaringan Wi-Fi Sendiri Melalui Command Prompt (Windows)

radar


Wi-Fi juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN". (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas) ngutip dikit  Tertawa keras
Baiklah kayaknya kalian sudah ngerti wifi itu apaan langsung aja siapkan alat – alat yang akan digunakan untuk bikin jaringan wifi di komputer anda.
1. Klik tombol Start pada komputer anda kemudian pilih All Program Accessories klik kanan pada Command Prompt kemudian jalankan dengan mode administrator.
2. Ketikkan tulisan ini pada Command Prompt tadi [“ netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nextandy key=123456789 ]  kemudian tekan Enter
Maka akan muncul tulisan ini dibawahnya
The hosted network mode has been set to allow.
The SSID of the hosted network has been successfully changed.
The user key passphrase of the hosted network has been successfully changed.
Ganti tulisan warna Biru tersebut dengan pilihan anda sendiri
ssid=nextandy ------> Nama wifi nya
key=123456789 -----> Password wifinya
cmd
3. Untuk memulai mengaktifkan jaringan wifi anda ketik netsh wlan start hostednetwork
Jika komputer anda dimatikan maka dengan otomatis jaringan wifi anda juga akan hilang, tetapi jika komputer anda kembali dinyalakan maka jaringan wifi yang telah anda buat tadi tidak secara otomatis ikut aktif maka untuk mengaktifkannya anda hanya perlu menjalankan Command Prompt dengan mode administrator lalu lakukan langkah ke tiga
4. Untuk mematikan jaringan wifi anda ketik netsh wlan stop hostednetwork pada command prompt/cmd
Postingan ini adalah lanjutan dari Cara Membuat Jaringan Wi-Fi Sendiri Melalui Command Prompt (Windows) yang menjelaskan tentang cara membuat jaringan wifi sendiri. Sekarang aku mau ngasi tau cara menyambungkan dua tiga komputer bahkan banyak komputer menggunakan wifi.
images
Penasaran kan pengen tau caranya???? Senyum kecewa
Okey caranya mudah saja jika kamu sudah membaca Cara Membuat Jaringan Wi-Fi Sendiri Melalui Command Prompt (Windows) lalu mempraktekkannya maka komputer kamu sudah punya jaringan wifi sendiri.
1. Panggil dua teman kamu yang punya komputer juga lalu minta mereka melakukan koneksi ke jaringan wifi kamu. Kemudian lakukan setting berikut pada komputer kamu.
Wireless Conection
2. Klik kanan pada Wireless Network Connection 2 pilih Properti
Properti Wireless Conection
3. Klik 2 kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Lalu klik Use The Following IP address. Isikan IP address komputer kamu dengan angka 192.168.100.1 kemudian tekan tombol Tab secara otomatis angka Subnet Mask: terisi 255.255.255.0 Tekan tombol OK 2 kali

Setelah itu Kemudian lakukan setting berikut pada komputer teman ke-1 dan ke-2 kamu.
Koneksikan kedua komputer teman kamu ke jaringan wifi anda. Klik kanan nama wifi kamu di komputer teman kamu lalu pilih properti. Ikuti cara ke-2 diatas bedanya pada IP address di komputer teman ke-1 kamu isikan angka 192.168.100.2 lalu IP address di komputer teman ke-2 kamu 192.168.100.3 apabila datang teman kamu yang ke-3 kamu tinggal kasi dia IP address 192.168.100.4 begitu seterusnya.
Matikan Firewall komputer kamu dan teman-teman kamu untuk mendapatkan akses penuh,.
Untuk mengetahui apakah komputer kalian sudah terkoneksi tekan tombol Windows + R di komputer teman kamu lalu ketik ping 192.168.100.1 setelah ada tulisan Reply from 192.168.100.1 xxxxxxxxxxxxxxxx Berarti komputer kalian sudah tersambung
  • Setelah komputer kalian tersambung kalian dapat bertukar data dengan men-sharing folder yang akan anda bagikan.
  • Kalian juga dapat bermain game secara Multiplayer.
Gimana?? keren Kan
Semoga bermanfaat…..

5 komentar:

  1. untuk jarinagn internet nya kenapa ngak bisa gan,,,?

    BalasHapus
  2. Hmmmm, Tolong link sumber artikel dicantumkan. Terima kasih.

    By nextandy - www.nextandy509.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Trm kasih atas infonya tp setelah sy coba kenapa muncul perintah “the hosted network couldn’t be starterd, the group or resource is not in the correct state to perform the requested operation”????? mohon petunjuk bro....

    BalasHapus
  4. gan kalo mau ngedit identitas wifinya gmn ???..mau ngaedit nama sama pass nya..

    BalasHapus

Check PR

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service